SERABI AMBARAWA

Posted by Windy Kurniawan on Tuesday, 13 January 2009 at 07:30 @ Fb Notes 

Dalam perjalanan dari Semarang ke Jogja untuk "last minutes holiday with kids"... kami melewati Ambarawa. Setelah melewati kota, di sepanjang jalan banyak ditemui penjual serabi yang hampir seragam. Di daerah Jambu, Ambarawa, tepatnya.

Suamiku menawariku untuk mampir. Mencoba Serabi Ambarawa ini. Hm... tawaran bagus pantang ditolak. Kebetulan anak-anak tidur semua. Jadilah kami minggir, berhenti di satu lapak penjual Serabi ini...

Kami memesan dua mangkok. Setiap mangkoknya terdiri dari 4 buah serabi yang masak di cetakan serabi di atas anglo, jadi rasa gosongnya nikmat sekali. Satu buah serabi berlingkaran hijau di tengahnya, yang ternyata dibuat dari esens pandan. Satu lagi berlingkaran coklat, ternyata dari gula jawa. Dua buah lagi plain putih polos. Dipadukan dengan kuah santan bergula merah yang hangat dan legit, membuat perjalanan yang diliputi hawa dingin ini menjadi nyaman...

Rasa manis dan hangatnya menjadi satu di tenggorokan, lembut serabinya, dengan pemandangan di kiri kanan yang asri, membuat kenikmatannya bertambah.

Akhirnya, kami harus melanjutkan perjalanan kembali. Tetapi, sepulangnya dari Jogja, melewati jalan itu lagi, membuat kami berdua tergoda lagi untuk mampir kembali dan menghabiskan satu mangkok masing-masing lagi. Kali ini aku diganggu oleh Fia dalam menghabiskan mangkok serabiku itu.
Tapi tetap nikmat, dan indah.

Nanti, kapan-kapan, kalau aku lewat lagi, aku pasti mampir lagi.
Tunggu aku bu Siti..





wind

Share:

0 Comentarios